Keinginan manusia yang tidak terbatas tapi dengan ketersediaan alat pemuas kebutuhan yang terbatas membuat orang/manusia harus memilih suatu kebutuhan.
Artinya apa, seorang pelaku ekonomi harus dapat memilih mana kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu agar dapat memenuhi kebutuhan yang sesuai keinginan. Didalam ilmu ekonomi, pilihan adalah keputusan yang dibuat oleh pelaku ekonomi/konsumen secara sadar untuk menggunakan sumber daya yang langka.
Nah, karena hal tersebut maka ada yang perlu diperhatikan dalam memilih suatu kebutuhan, yaitu sebagai berikut.
HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN KETIKA MEMILIH KEBUTUHAN
1.ANALISIS BIAYA PELUANG.
Apa itu biaya peluang? Biaya peluang adalah nilai barang maupun jasa yang dikorbankan karena memilih alternatif tindakan lain.Kenapa dikorbankan karena suatu tindakan lebih besar peluang nya daripada tindakan lain.
2.ANALISIS BIAYA MANFAAT
Suatu cara yang digunakan seorang konsumen untuk membandingkan berbagai biaya dengan manfaat yang diharapkan. Mereka akan memilih barang/jasa yang lebih banyak manfaatnya daripada yang sedikit manfaatnya.
3.MENGEDENTIFIKASI FAKTOR PENDORONG KEGIATAN EKONOMI
Faktor pendorong yang dimaksud adalah motif ekonomi seorang konsumen untuk melakukan suatu tindakan pemilihan kebutuhan. Jika motif ekonomi berasal dari dalam diri maka kita harus pertimbangkan apa langkah selanjutnya yang harus kita buat. Jika motif ekonomi berasal dari luar seseorang atau lingkungan sekitar maka harus dipertimbangkan secara bijak dan matang.
4.MENYADARI TRADE OFF.
Apa itu trade off?Trade off adalah suatu keadaan ketika seorang pelaku ekonomi/konsumen membuat keputusan untuk memilih barang maupun jasa dengan mengorbankan hal lain dengan alasan ekonomis atau keuangan.
5.BERPEGANG PADA PRINSIP EKONOMI
Prinsip ekonomi adalah tindakan dengan pengorbanan tertentu untuk mendapatkan hasil sebesar-besarnya, atau tindakan dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil sebesar-besarnya.
Demikianlah cara memilih barang maupun jasa dan hal yang harus diperhatikan seorang konsumen/pelaku ekonomi. Jangan lupa minum air putih.